Sabtu, 01 Februari 2014

Mau Tahu beda hormon LH dan FSH



Anda pasti sudah mendengar tentang hormon LH dan FSH yang hadir dalam tubuh manusia. Meskipun hormon seperti itu tidak penting untuk hidup, mereka lebih jauh sangat penting pada reproduksi yang bersangkutan. Hormon FSH dan LH adalah hormon yang hadir pada laki-laki dan perempuan. Namun, hormon FSH dan LH bertindak berbeda antara kedua jenis kelamin pria dan wanita. Jadi bagaimana LH berbeda dari FSH?

Keduanya FSH dan LH yang diproduksi oleh kelenjar hipofisis anterior, sebuah kelenjar kecil yang hadir di bagian bawah otak. FSH pada dasarnya menyebabkan pematangan sel telur di dalam folikel dalam tubuh wanita. Setiap bulan, seorang wanita melepaskan telur dari salah satu dari 2 ovarium. Telur ini yang terkandung dalam kantong diisi cairan yang disebut folikel. FSH atau follicle stimulating hormone membantu dalam pematangan telur dalam folikel.

LH atau luteinizing hormone berperan penting setelah telur matang di dalam folikel. Dalam salah satu keajaiban yang tak ada habisnya pada tubuh manusia, lonjakan hormon LH menyebabkan pelepasan telur ini dari dalam ovarium. Setelah telur dilepaskan, folikel sisa mulai mensekresi progesteron dan beberapa estrogen. Ini adalah semacam perilaku persiapan untuk kehamilan yang mungkin terjadi selama setiap ovulasi. FSH menyebabkan pematangan telur dalam folikel, sementara LH menyebabkan ia dilepaskan dari folikel.
Kekurangan FSH dalam tubuh ditunjukkan ketika seorang wanita memiliki amenore atau penghentian siklus bulanan. Hal ini juga menyebabkan kemandulan pada pasangan. Rendahnya tingkat FSH juga ditandai dengan kadar LH rendah juga. Pada pria, kekurangan hormon ini dapat ditandai dengan hilangnya rambut wajah, kurangnya minat dalam aktivitas seksual, disfungsi ereksi serta infertilitas.

Kekurangan hormon LH pada wanita biasanya ditandai dengan kekurangan progesteron. Ini dapat ditunjukkan dengan berat badan mendadak, menstruasi berat, insomnia, lekas marah, gangguan pencernaan dan migrain. Pada pria, itu menghasilkan insufisiensi testosteron dan mengakibatkan komplikasi.

Rendahnya tingkat FSH dan LH diperlakukan dengan bantuan dosis rendah hormon estrogen dan progesteron. Hal ini tentu saja jika kesuburan bukanlah suatu masalah. Seorang wanita juga bisa memakai dosis pil KB rendah. Pria juga dapat diberikan testosteron tambahan melalui suntikan atau obat kulit.

Ringkasan:

FSH menyebabkan pematangan folikel pada wanita. Folikel ini mengandung telur. Pada laki-laki, membantu dalam spermatogenesis atau produksi sperma. LH menyebabkan pelepasan sel telur dari folikel.
Defisiensi FSH menyebabkan rendahnya tingkat LH dalam tubuh manusia. Hal ini juga dapat menyebabkan infertilitas dan kurangnya siklus bulanan wanita. Pada pria, dapat menyebabkan infertilitas dan disfungsi seksual.
LH kekurangan dapat diindikasikan oleh rendahnya tingkat progesteron pada wanita. Hal ini ditunjukkan dengan perdarahan yang berlebihan selama siklus, iritabilitas dan insomnia. Pada laki-laki, hal itu menyebabkan ketidaktertarikan seksual dan jumlah sperma rendah karena kurangnya testosteron.

Apa yang Terlibat dalam produksi FSH?
FSH, atau follicle stimulating hormone, diproduksi oleh sel yang dikenal sebagai gonadotrop terletak di kelenjar hipofisis di dasar otak. Hipofisis mensekresikan FSH dalam menanggapi hormon yang disebut dengan GnRH, atau gonadotropin releasing hormone. GnRH dilepaskan dari bagian lain dari otak yang disebut hipotalamus dan bergerak dalam darah ke hipofisis. Setelah FSH telah dikeluarkan, merangsang testis atau ovarium untuk memproduksi hormon seks. Pada apa yang disebut umpan balik negatif, kehadiran hormon seks dalam darah menyebabkan penurunan sekresi GnRH dari hipotalamus dan menghambat gonadotrop di kelenjar hipofisis dari memproduksi FSH, dengan hasil bahwa produksi FSH turun.

Bersama dengan hormon lain yang disekresi oleh hipofisis, yang dikenal sebagai hormon luteinizing atau LH, folikel stimulating hormone adalah apa yang dikenal sebagai gonadotropin a. Seperti gonadotropin, baik LH dan FSH memiliki efek pada gonad, yang merupakan ovarium dan testis. Pada wanita, FSH mempengaruhi pematangan folikel ovarium yang mengembangkan telur, dan, pada pria, FSH membantu dalam produksi sperma. Kedua FSH dan LH yang dibuat dalam sel gonadotroph di kelenjar hipofisis, dan masing-masing terdiri dari subunit alfa dan subunit beta. Sementara subunit alpha adalah sama di kedua hormon, subunit beta, yang mengikat ke reseptor spesifik, berbeda.

Menjelang akhir satu siklus menstruasi dan awal berikutnya, folikel yang tersisa setelah ovulasi, yang dikenal sebagai korpus luteum, berdegenerasi dan produksi dari hormon seks estrogen dan progesteron menurun. Ini penurunan kadar hormon seks merangsang hipotalamus untuk mengeluarkan lebih GnRH, dan kenaikan GnRH menyebabkan hipofisis untuk meningkatkan produksi FSH-nya. FSH kemudian bekerja pada folikel ovarium sehingga mereka tumbuh dan matang siap untuk siklus berikutnya. Pada pria, hal ini membantu untuk menjaga sel-sel Sertoli, yang diperlukan sperma untuk berkembang.

Pada wanita, setelah perdarahan dari siklus menstruasi telah terjadi, produksi FSH terus meningkat dan folikel terus tumbuh. Pada awalnya, mereka hanya menghasilkan sejumlah kecil hormon seks, tapi, pada akhirnya, naik tingkat dan efek umpan balik negatif dimulai, dengan kadar hormon meningkat dalam darah menyebabkan penurunan sekresi GnRH. Produksi FSH hipofisis yang turun karenanya, tetapi folikel dominan, yang akan menjalani ovulasi, terus mengembangkan dan mengeluarkan estrogen. Tanpa progesteron, estrogen memiliki efek umpan balik positif pada GnRH, dan tingkat naik ke puncak pada ovulasi, dengan puncak yang sesuai pada sekresi FSH. Setelah ovulasi telah terjadi, baik progesteron dan estrogen yang disekresikan dan tingkat mereka meningkat sampai umpan balik negatif dipicu, penurunan pelepasan GnRH dan LH dan FSH produksi diturunkan lagi.

0 komentar:

Posting Komentar