Minggu, 17 Agustus 2014

Pemeriksaan laboratorium untuk panel osteoporosis


N-MID Osteocalcin

Pemeriksaan N-MID Osteocalcin digunakan untuk mendeteksi konsentrasi osteocalcin dalam darah. Osteocalcin merupakan suatu protein non-kolagen yang paling banyak dan penting pada matriks tulang, terutama dalam proses pembentukan tulang.
Manfaat Pemeriksaan : Penanda biokimia pembentukan tulang dan memantau efikasi terapi antiresorpsi oral pada pasien osteoporosis atau hiperkalsemia.

CTx (C-Telopeptide)

CTx (C-Telopeptide) merupakan penanda biokimia proses pengeroposan tulang yang spesifik.
Manfaat Pemeriksaan : Memperkirakan risiko osteoporosis secara dini (terutama pada individu berusia > 40 tahun), menentukan dan memantau terapi obat antiresorpsi oral (seperti difosfonat atau hormone replacement therapy/HRT) pada penderita osteoporosis dan penyakit tulang lainnya.

Total Procollagen type 1 amino-terminal propeptide (P1NP)

Total Procollagen type 1 amino-terminal propeptide (P1NP) dipakai untuk monitoring pengobatan penderita dengan osteoporosis, pada wanita post menopausal dan penyakit Paget pada tulang.

Pemeriksaan total P1NP (tP1NP) metode electrochemiluminescence immunoassay (ECLIA) menunjukkan karakteristik analitis yang baik untuk digunakan secara rutin di laboratorium. Pengerjaannya cukup mudah dilakukan, dan dapat dipercaya. Disebutkan bahwa hasil pemeriksaan hanya akan terganggu jika adanya kasus hiperbilirubinemia, hiperlipidemia dan hemolisis yang ekstrim. P1NP merupakan penanda pembentukan kolagen tipe-1 yang jauh lebih sensitif dibandingkan procollagen type-1 karboksi-terminal propeptide (P1CP) pada kelompok pediatri. Pemeriksaan ini dapat digunakan untuk manajemen rutin pasien osteoporosis dan penyakit metabolik tulang lainnya, dan lebih dimaksudkan untuk pemantauan; tidak digunakan untuk diagnosis osteoporosis maupun metastase tulang.


Posted via Blogaway

0 komentar:

Posting Komentar